Sabtu, 13 Desember 2014

Tugas sofskill bahasa indonesia

  1. Fungsi Bahasa
  2. Ragam Bahasa
  3. Ejaan
  4. Diksi
  5. Kalimat Efektif
  6. Alinea
  7. Perencanaan Penulisan Karya Ilmiah
  8. Kerangka Karangan
  9. Kutipan dan Daftar Pustaka
Apakah tujuan perkuliahan dapat dicapai dengan menguasai materi – materi bahasa indonesia tersebut ?
Jawab :
Iya, salah satu tujuan dari perkuliahan adalah membuat suatu karya ilmiah. Untuk membuat suatu karya ilmiah yang baik dan benar harus mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan.Salah satu fungsi bahasa adalah menyampaikan suatu pemikiran / gagasan. Sementara itu Bahasa memiliki banyak ragam, bahkan di Indonesia sendiri tidak hanya ada dua atau tiga ragam bahasa namun puluhan. Untuk menyatukan seluruh bahasa tersebut kita menggunakan Bahasa Nasional Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan Bahasa Indonesia gagasan yang kita sampaikan dalam karya ilmiah dapat dibaca oleh siapa sajaKita mulai dari fingsi bahasa, bahasa merupakan alat vital kita dalam berkomunikasai, tanpa adanya bahasa kita sulit sekali berkomunikasi kepada orang lain. Bahasa juga menjadi sarana untuk mempersatu bangsa. Bahasa juga menjadi sarana kita berekspresi, contohnya dalam mengeluarkan maksud dari cara pemikiran kita kepada orang lain. Fungsi bahasa juga berfungsi untuk sebagai alat integrasi dan beradaptasi social, sebagai alat untuk melakukan kontrol sosial, bahasa juga dapat membangun kecerdasan, serta dapat membangun karakter.
Kita juga mempelajari ragam bahasa dimana ragam bahasa terdiri dari ragam bahasa lisan dan ragam bahasa tulis. Kita wajib mempelajari keduanya. Kenapa? Karena kedua jenis ragam bahasa tersebut sangat mempengaruhi cara kita bertutur kata, karena kita berbahasa secara lisan maupun tulis.
Ejaan juga sangat penting, bayangkan saat kita membuat karya ilmiah tanpa menggunakan ejaan yang benar maka karya ilmiah kita akan menjadi hancur karena tidak ada tanda baca dan sebagainya
.Dalam penulisan karya ilmiah juga kita harus menggunakan kalimat yang mudah dimengerti dan nyaman untuk dibaca oleh pembaca dari berbagai kalangan. Oleh karena itu dengan mempelajari ejaan, diksi, kalimat efektif, alinea, perancangan penulisan dan kerangka karangan, kita bisa membuat suatu karya ilmiah yang baik dan sistematis sehingga tidak menyulitkan pembaca dalam memahami kandungan yang ada dalam karya ilmiah.Dan terakhir, data / sampel yang kita ambil dalam penelitian ilmiah merupakan fakta dari orang lain baik berupa perkataan maupun karya ilmiah. Dengan mempelajari kutipan dan daftar pustaka kita bisa tahu dan mempertanggung jawabkan data yang kita ambil dari orang tersebut dan orang tersebut juga bisa bertanggung jawab atas data yang telah dia berikan kepada kita karena data yang digunakan harus berupa fakta. Dengan cara ini pula kita bisa menghargai hasil karya orang yang telah memberi data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar